Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Peluang Kerja Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling
Siker.id | 16 Nov 2021 15:46


Bagikan ke

siker.id - Jurusan kuliah merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan secara matang. Jangan sampai Kamu terpaksa masuk ke jurusan yang tidak sesuai dengan bakat atau minat. Salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk orang yang suka bersosialisasi, mampu memberikan solusi masalah dan tipe pendengar adalah Bimbingan Konseling. Tak perlu ragu sebab peluang atau prospek kerja bimbingan konseling sangat terbuka lebar untukmu.

Bimbingan Konseling atau biasa disingkat dengan BK merupakan salah satu jurusan yang ada di bawah naungan Fakultas Keguruan. Jurusan ini mempersiapkan para mahasiswanya untuk menjadi guru BK. Apa yang terlintas dalam benak Kamu ketika mendengar guru BK?

Tidak hanya menjadi guru BK, Kamu juga bisa memilih karir lainnya yang masih berhubungan. Secara lebih lengkap, berikut ini adalah peluang atau prospek kerja bimbingan konseling lengkap

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

 

 

1. Pengajar atau Guru BK

Daftar pertama dari rangkaian prospek kerja lulusan bimbingan konseling adalah menjadi pengajar atau guru BK. Kenapa guru BK menjadi ujung tombak keberhasilan pengembangan peserta didik? Sebab seorang guru bimbingan konseling memiliki fungsi dan peran tinggi dalam semua kegiatan pendidikan.

Makanya kehadiran seorang guru BK ini salah satu yang diperhitungkan oleh tiap sekolah sekarang. Apalagi untuk menghadapi era globalisasi saat ini kita ketahui bahwa perubahan karakter peserta didik sangat jauh berbeda dengan zaman dahulu. Karena faktanya Indonesia sangat membutuhkan banyak konselor dan nyatanya hanya sedikit dan tidak memenuhi kebutuhan.

2. Spesialis SDM

Merupakan orang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang Sumber Daya Manusia. Umumnya, spesialis SDM dipekerjakan dalam perusahaan untuk mengelola tenaga kerja atau para karyawan agar semakin produktif.

Tugas spesialis SDM meliputi wawancara kerja/rekrutmen, memberikan konseling pada karyawan, menyelesaikan konflik antar pegawai, hingga menangani urusan kontrak tenaga kerja, dan lainnya.

3. Hipnoterapis

Lulusan dari jurusan Bimbingan konseling bisa memilih karir sebagai hipnoterapis. Tak hanya lulusan Psikologi yang bisa menjadi hipnoterapis, lulusan Bimbingan Konseling memiliki kesempatan yang sama. Untuk memilih karir ini, Kamu harus melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi termasuk mengikuti berbagai pelatihan agar bisa menjadi hipnoterapis handal

4. Jasa Layanan Tes Psikologi

Kamu bisa berkarir dengan membuka jasa layanan tes psikologi. Kamu harus melanjutkan jenjang pendidikan hingga S2 jika ingin membuka usaha jasa layanan tes Psikologi. Gaji yang Kamu peroleh dari profesi ini tergantung dari besar kecilnya tarif jasa yang Kamu tetapkan.

Baca juga: Dampak Buruk dari Multitasking, Selengkpanya

5. Lembaga Kesehatan Mental (LAPAS)

Prospek kerja lulusan bimbingan konseling satu ini pun cukup menjanjikan. Sebab kamu akan bertanggung jawab untuk menolong dalam menuntaskan permasalahan-permasalahan terhadap mental masyarakat yang terganggu. Apalagi saat ini populasi manusia semakin bertambah dan pertumbuhan globalisasi pun semakin berkembang.

Hal ini tentu saja menciptakan persaingan antara pribadi yang semakin ketat dalam beberapa aspek dan hal. Maka tidak heran pada akhirnya tidak sedikit yang merasakan permasalahan sehingga tidak sedikit pula yang stress. Untuk hal tersebut maka lulusan jurusan Bimbingan konseling ini mempunyai pengaruh yang paling besar. Makanya untuk prospek kerja lulusan bimbingan konseling satu ini masih banyak dicari.

Begitulah sekilas informasi mengenai jurusan Teknik Pangan dan juga prospek kerja bagi lulusannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar