Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Yuk, Simak ! Begini Prospek Kerja Lulusan Peternakan
Siker.id | 16 Nov 2021 13:10


Bagikan ke

Siker.id - Jurusan peternakan adalah jurusan yang mempelajari hewan ternak sebagai komoditas pada skala industri. Contoh hewan ternak yang dimaksud antara lain ayam, kambing, sapi, hingga kelinci.

Mereka yang mempelajari peternakan akan memahami sejarah dunia peternakan, cara beternak yang baik, hingga inovasi-inovasi yang telah dilakukan para ilmuwannya. Dengan pengetahuan tersebut, mereka bisa melakukan berbagai hal ketika sudah lulus kuliah.

Karena itu, jangan takut menekuni bidang peternakan bila passion Anda memang di sini. Masa depan Anda tak akan jadi suram hanya karena Anda lulusan peternakan.

Banyak orang menganggap remeh lulusan peternakan yang tidak memiliki peluang kerja di kantoran. Wah, padahal anak peternakan bisa menjadi seorang wirausaha dengan omzet bulanan yang lebih besar. Penasaran? Berikut ini adalah peluang atau prospek kerja peternakan yang bisa menjadi referensi.

Baca juga: Simak! Begini Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual

1. Membangun Peternakan Sendiri

Bagi Anda yang memiliki jiwa entrepreneurship, Anda dapat mencoba membangun usaha sendiri. Apalagi bila Anda sejak kecil sudah familiar dengan dunia peternakan.

Misalnya, Anda tinggal di desa. Anda lahir dari keluarga petani yang nyambi sebagai peternak ayam petelur.

Setelah mendapatkan ilmu yang memadai di universitas, tak ada salahnya mengembangkan usaha ayah dan ibu Anda. Terapkanlah semua ilmu yang Anda pelajari dan kobarkan semangat wirausaha Anda.

Dengan berwirausaha dan mudahnya mendapatkan bibit ayam petelur, Anda bisa menafkahi diri dan keluarga. Selain itu, Anda juga akan membantu negara karena menyerap tenaga kerja yang selama ini mungkin sulit mendapatkan pekerjaan.

2. Bekerja di Lembaga Penelitian Peternakan

Bagi Anda yang sangat suka dengan sains dan bercita-cita menjadi ilmuwan, cobalah melamar di lembaga penelitian peternakan swasta atau pemerintah. Pasalnya, lembaga-lembaga penelitian itu memerlukan orang yang ahli di bidang peternakan.

Jadi jangan lewatkan prospek kerja jurusan peternakan seperti ini. Aktiflah di grup lowongan kerja untuk S1 ke atas.

Selain itu, kembangkan juga jaringan Anda ke teman-teman kuliah. Sebab untuk lowongan seperti ini, Anda memang harus mencari di grup yang spesifik.

3. Membuka Bisnis Pakan Ternak Sendiri

Tertarik dengan industri pakan ternak tapi tak mau jadi karyawan? Bila demikian adanya, kenapa tidak mencoba membangun usaha pakan sendiri?

Mulailah prospek kerja jurusan peternakan ini dengan modal yang kecil dulu.

Misalnya, Anda tinggal di desa. Dan Anda tahu banyak tetangga Anda membutuhkan pakan untuk ternak ayam kampungnya. Namun, mereka malah membeli pakan yang biasa diberikan untuk ayam non kampung.

Menyadari hal ini, Anda bisa membuat pakan sendiri dari bahan organik. Selain murah, pakan Anda lebih eco-friendly dan bebas dari bahan kimia. Anda pun bisa memasarkannya untuk mereka yang beternak ayam kampung di perkotaan.

Baca juga: Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif

4. Bekerja Di Perusahaan Obat Hewan

Peluang atau prospek kerja peternakan berikutnya adalah bekerja di perusahaan obat untuk hewan. Meskipun sekilas ini ranahnya anak farmasi, Kamu sebagai lulusan peternakan bisa kok masuk menjadi bagian di dalam perusahaan ini.

5. Instansi Pemerintahan

Yang kelima, Kamu bisa berkarir di instansi pemerintah. Prospek karir seorang lulusan peternakan bisa bekerja di instansi pemerintah antara lain Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, dan lain-lain. Kamu bisa mendaftar rekrutmen CPNS agar bisa menjadi ASN.

Begitulah sekilas informasi mengenai jurusan Peternakan dan juga prospek kerja bagi lulusannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Mengantuk saat Jam Kerja? Lakukan Cara Ini

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar