Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Hal yang Harus Dilakukan saat Kena PHK
Siker.id | 29 Mar 2022 18:00


Bagikan ke
Hal yang harus dilakukan saat terkena PHK. (siker)

siker.id - Ketika Anda mendapatkan kabar buruk bahwa Anda telah kehilangan pekerjaan atau di PHK, ada beberapa tugas yang sangat penting dan perlu untuk diselesaikan. Pertama-tama, jangan panik. Lakukan selangkah demi selangkah sehingga Anda dapat menangani dasar-dasarnya. Ini akan memastikan bahwa Anda menerima gaji terakhir Anda, tunjangan dan dana pensiun, kompensasi pengangguran jika Anda memenuhi syarat, pesangon jika majikan Anda memberikannya, dan banyak lagi.

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah dipecat atau diberhentikan dari pekerjaan:

Baca juga: Jangan Khawatir Inilah Bedanya Cuti dan PHK

Cara Menangani Pemutusan

Ketika Anda diberhentikan dari pekerjaan, ada bedanya apakah Anda diberhentikan atau dipecat karena suatu alasan. Jika Anda telah dirampingkan atau diberhentikan karena kurangnya pekerjaan atau alasan lain, Anda akan berhak atas manfaat yang berbeda daripada jika Anda dipecat.

Cek Pesangon

Uang pesangon dapat diberikan kepada karyawan setelah pemutusan hubungan kerja. Biasanya didasarkan pada masa kerja. Jika Anda diberhentikan dari pekerjaan atau posisi Anda dihilangkan, dari pihak pekerjaan dapat memberikan uang pesangon. Diskusikan dengan majikan Anda, seperti apa bentuk paket pesangon, dan bagaimana menegosiasikan paket pesangon.

Kumpulkanlah gaji terakhir anda

Sebelum Anda meninggalkan pekerjaan Anda pastikan tahu kapan menerima gaji terakhir Anda, dan bagaimana itu akan dikirimkan kepada Anda. Di beberapa negara bagian, majikan diharuskan untuk segera membayarnya. Di tempat lain, mungkin ada kelambatan.

Anda mungkin berhak atas liburan yang masih harus dibayar, cuti sakit, lembur, atau pembayaran kembali ketika Anda kehilangan pekerjaan.

Baca juga: Wajib Tahu ! Ini Hak Karyawan jika Terkena PHK

Periksa Kelayakan untuk Manfaat Karyawan

Ketika Anda dipecat atau diberhentikan, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat tertentu. Beberapa manfaat yang Anda dapatkan saat bekerja, seperti asuransi kesehatan, mungkin juga berlanjut setidaknya untuk jangka waktu tertentu.

Tinjau Opsi Asuransi Kesehatan

Melanjutkan cakupan asuransi kesehatan, bila memungkinkan adalah penting. Bahkan telah diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan, bahwa perusahaan diharuskan memberi karyawan dan keluarga mereka yang kehilangan tunjangan kesehatan pilihan untuk melanjutkan tunjangan kesehatan kelompok yang disediakan oleh rencana kesehatan kelompok mereka untuk jangka waktu terbatas.

Sekian artikel tentang hal yang harus dilakukan saat terkena PHK. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Mendapatkan PHK?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

TAG :

Komentar