Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Pekerjaan Lulusan Farmasi, Selengkapnya
Siker.id | 16 Nov 2021 10:15


Bagikan ke

Siker.id - Farmasi adalah ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan. Mahasiswa yang mengambil jurusan farmasi pastinya akan dipersiapkan untuk menjadi peracik obat yang handal nih. Setelah lulus dari jurusan farmasi, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan ke profesi apoteker untuk bisa lanjut bekerja sebagai apoteker.

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai prospek kerja farmasi, kita cari tau dulu yuk apa aja sih yang dipelajari di jurusan farmasi nanti di perkuliahan? Pastinya disini kamu akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengkombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tidak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

Sebagai program studi yang mempelajari tentang obat-obatan, sebenarnya apa saja sih prospek kerja farmasi yang bisa ditekuni di masa mendatang?

Menjadi apoteker terkesan sudah menjadi pekerjaan yang terlintas pertama kali di dalam benakmu. Sebenarnya masih banyak lagi loh prospek kerja farmasi lainnya yang menjanjikan.

Yuk, kenali prospek kerja farmasi lainnya yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah nanti.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Buat Lulusan Managemen Informasi?

1. Industri farmasi

Bekerja di industri farmasi adalah salah satu prospek kerja utama bagi lulusan jurusan ini. Kemampuan menentukan formula dan membuat obat akan bermanfaat di sektor ini.

Umumnya, mereka akan ditempatkan di bidang research and development (R&D). Meski demikian, tentu tak menutup kemungkinan juga bekerja di bidang lain.

Seperti nama pekerjaannya, sudah pasti kamu akan menjalankan penelitian dan pengembangan.

Pekerjaan yang biasanya akan kamu lakukan adalah memikirkan dan menentukan hal yang berorientasi ke masa depan dan jangka panjang.

Hal ini kamu lakukan dengan tujuan mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada.

2. Peneliti farmasi

Tak hanya untuk industri atau lembaga kesehatan, prospek kerja jurusan farmasi juga bisa berkaitan dengan dunia penelitian.

Kamu diharapkan bisa mengembangkan penelitian obat untuk membantu kesehatan banyak orang.

3. Rumah Sakit, Apotek, Dan Laboratorium Klinik

Peluang atau prospek kerja farmasi berikutnya adalah bekerja di fasilitas kesehatan. Bidang utama yang memberikan kesempatan besar bagi lulusan farmasi ada pada bidang layanan kesehatan misalnya rumah sakit, apotek dan juga laboratorium klinik. Untuk menjadi seorang apoteker profesional lulusan farmasi wajib mengambil pendidikan profesi apoteker selama 2 semester dengan jangka waktu 1 tahun.

Baca juga: Berikut Ini 10 Peluang Kerja Lulusan Sistem Informasi

4. Prospek Kerja Jurusan Farmasi Di Bidang Dunia Pendidikan (Dosen)

Dalam hal ini seorang yang akan bekerja di bidang ini ialah seorang yang telah dapat bekerja dan ingin terus dapat bekrja di bidang akademis, maka bisa di lanjutkan dengan menggunakan gelarnya untuk bisa menjadi seorang dosen. dalam hal ini seorang yang telah ahli dibidang farmasi.

Sehingga seorang yang bekerja sebagai seorang yang ingin bekerja di dalam pendidikan farmasi memang harus ahli. Sehingga dalam hal ini daya saing yang semakin banyak ialah suatu hal yang memang harus ada dan dimiliki oleh banyak orang. Sehingga dalam hal ini mengajar di bagian swasta pun juga perlu untuk bagian yang ingin menjadi bagian dari pendidik tersebut.

5. Prospek Kerja Jurusan Farmasi Di Bidang Lembaga Pemerintahan

BPOM merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan, ialah yang bertugas dalam suatu lembaga resmi di sebuah pemerintahan dalam urusan pelegalan minuman / makanan Atau masih banyak yang lainnya. Dengan tujun bahwa produk yang telah kita konsumsi ialah produk yang aman dan terpercaya bahwa produk tersebut tidak berbahaya. Sehingga bisa di katakan bahwa layak untuk di konsumsi.

Begitulah sekilas informasi mengenai jurusan Farmasi dan juga prospek kerja bagi lulusannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berikut ini Cara Merencanakan Tenaga Kerja Dalam Perusahaan

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar