Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Menghindari Kerja Lembur di Kantor
Siker.id | 24 Mar 2022 13:00


Bagikan ke
Hindari kerja lembur di kantor. (siker)

siker.id - Apakah kamu sering menjadi orang terakhir yang meninggalkan kantor karena sering bekerja lembur? Hati-hati, karena terlalu sering lembur menandakan dua hal: manajemen waktumu itu kurang baik atau kamu sudah mulai kebanyakan beban kerja. Dua-duanya jelas tidak baik untuk kesehatan mental dan fisikmu. Lembur itu tak selalu memiliki arti produktif. Kalau masih ada cara lain untuk menghindari kerja lembur, maka kamu wajib menerapkan sistem kerja yang efektif itu. Coba kamu pikirkan lagi, apakah selama ini kamu bekerja kurang produktif sehingga harus tinggal di kantor sampai larut malam? Sebenarnya ada siasat supaya kamu tak perlu lembur lagi. Berikut ulasannya!

Baca juga: Faktanya Karyawan Usia Produktif Tidak Bahagia Lembur

Buatlah to-do-list

Salah satu cara paling efektif supaya pekerjaanmu bisa cepat selesai adalah dengan menetapkan jadwal yang organized bagi dirimu sendiri. Susunlah to-do-list yang jelas dan realistis agar kamu tahu apa saja yang harus kamu selesaikan hari itu. Kalau kamu punya timeline kerja, kecenderunganmu untuk menunda-nunda dan bermalas-malasan akan berkurang jauh.

Jadwalkan meeting

Usahakan untuk selalu menjadwalkan meeting-mu selama sehari penuh. Siapa saja yang akan kamu temui dan berapa lama waktu yang akan kamu habiskan untuk setiap meeting. Kamu juga bisa kok menunda jadwal meeting-mu yang kurang penting ke lain hari yang lebih leluasa bagimu. Jangan menjadikan meeting sebagai suatu kewajiban sakral yang tak bisa diganggu gugat. Percaya deh, biasanya meeting itu makan waktu karena kamu masih harus basa-basi, jalan ke lokasi, dan belum tentu langsung ada hasil yang signifikan.

Baca juga: Tips Terhindar dari Lembur saat Bekerja

Persiapkan diri sebelum kekantor

Kadang waktu kita habis dengan sia-sia di kantor karena kita kewalahan dengan pekerjaan-pekerjaan yang masih menunggak dan bingung apa saja yang harus diselesaikan duluan. Maka biasakan untuk mempersiapkan diri sebelum masuk kantor setiap harinya. Ingat-ingat apa saja yang harus dikerjakan dan kapan kamu akan mengerjakannya sebelum dikejar-kejar oleh bosmu. Persiapan yang rapi di rumah hanya akan memakan beberapa puluh menit, sementara kalau kamu baru gelagapan di kantor bisa menjadi berjam-jam lamanya.

Sekian artikel tentang tips menghindari kerja lembur. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini Langkah Jika Lembur Tidak Dibayar Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar