Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips agar Perkuliahan Berjalan dengan Lancar
Siker.id | 17 Mar 2022 19:30


Bagikan ke
Perkuliahan bisa berjalan lancar. (siker)

siker.id - Dunia perkuliahan memang akan dialami oleh setiap lulusan SMA yang akan melanjutkan kuliah. Mengawali hari di perkuliahan memang sedikit berbeda dengan menjalani pendidikan di jaman SMA.

Di dunia kuliah, kamu bakal dituntut lebih mandiri, aktif, dan inovatif dalam menyelesaikan masalah. Jangan takut dulu ya sobat. Dunia perkuliahan tak begitu menakutkan seperti yang kamu pikir kok.

Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan agar dunia perkuliahan menjadi lebih indah dalam sekali genggaman. Untuk itu, kamu perlu tips jitu nih biar dunia perkuliahanmu menjadi lebih sukses. Apa saja sih tips yang bisa kamu lakukan? Simak baik-baik ulasan berikut ini ya.

5 Tips Mahasiswa Baru, Agar Lancar Selama Kuliah simak berikut ini.

Baca juga: Berikut Beberapa Jenis Pembayaran Kuliah MABA

Menjadi lebih aktif dan mandiri

Menjadi mahasiswa kamu harus lebih mandiri dan aktif. Jangan sampai kamu masih terbawa seperti waktu SMA. menjadi seorang mahasiswa menuntut kamu untuk bisa berkomunikasi dan melakukan segala hal dengan mandiri.

Rajin berkoordinasi dengan teman

Udah gak jaman tuh hanya berdiam diri di kelas dan tidak melakukan kegiatan apa-apa pasca perkuliahan. Inilah saatnya kamu harus rajin untuk berkoordinasi dengan teman. Entah itu berkoordinasi seputar pelajaran ataupun organisasi.

Disinilah kamu akan memulai belajar untuk memasuki kehidupan dewasa dan dunia kerja. Jika kamu bisa berkoordinasi dengan baik, maka gak mustahil jika kamu sudah siap untuk memasuki fase dunia kerja setelah lulus nanti.

Mulai ubah mindset

Yaps, menjadi mahasiswa tidak sama dengan siswa. Seluruh proses belajar mengajar tak harus dituntun dan diawasi oleh guru. Mahasiswa harus rajin untuk mengejar materi yang diberikan dosen.

Biasanya sih dosen hanya memberikan ulasan mengenai materi perkuliahan tersebut. Sisanya, mahasiswa harus membaca dan mencari berbagai literasi untuk memenuhi materi tersebut.

Baca juga: Berikut Tips Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah

Bisa memanage waktu dengan baik

Saat berkuliah nanti, kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam kegiatan perkuliahan ataupun kegiatan organisasi. Untuk itu, kamu wajib untuk bisa melakukan managing waktu dengan baik dan benar.

Kamu harus bisa memilih prioritas kegiatan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Jangan sampai kamu gak bisa membuat skala prioritas dan bisa berakibat fatal tak bisa

Pantang menyerah

Satu hal yang harus kamu miliki selama mengenyam pendidikan adalah jiwa pantang menyerah. Yaps, mungkin di awal masuk perguruan tinggi kamu bakal sedikit kaget dengan segala mata kuliah yang berbeda. Namun, kamu harus tetap semangat ya. Jangan sampai kamu malas dan menyerah untuk mengikuti perkuliahan tersebut.

Sekian artikel tentang tips agar proses perkuliahan berjalan lancar. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Manfaat Kuliah Sambil Kerja Bagi Mahasiswa


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar