Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Memaksimalkan Waktu agar Tidak Terbuang Percuma
Siker.id | 17 Mar 2022 17:00


Bagikan ke
Memaksimalkan waktu agar tidak terbuang percuma. (siker)

siker.id - Masuk di dunia perkuliahan memang menjadi salah satu fase penting untuk menyambut masa depan. Fase inilah yang menjadi waktu terbaik untuk belajar berbagai aktivitas penunjang masa depan. Beberapa aktivitas seperti mengikuti organisasi, magang, dan kegiatan lain sangat penting untuk membentuk softskill mahasiswa.

Menjadi mahasiswa yang aktif sangatlah penting untuk membentuk diri mahasiswa menjadi lebih baik. Pengembangan skill mahasiswa sangat diperlukan lho apalagi pasca kehidupan kampus. Nah, maka dari itu Kemendikbud Ristek sangat mendukung mahasiswa untuk mengikuti program magang.

Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan untuk meningkatkan skill mahasiswa melalui MBKM ini adalah magang di sebuah perusahaan. Namun, perlu diingat ya. Magang di sebuah perusahaan biasanya membutuhkan kemampuan multitasking yang tinggi. Mahasiswa harus menyelesaikan pekerjaan dan juga harus mengerjakan waktu kuliah dengan sebaik mungkin.

Berikut ini beberapa tips berikut bisa kamu lakukan agar kuliah dan magang jadi seimbang :

Baca juga: 3 Manfaat Pulang Kerja Tepat Waktu

Buat time management yang bagus

Cara jitu menyiasati kegiatan yang super padat adalah membuat time management yang bagus. Time management yang bagus ini akan membantu mahasiswa mudah membagi waktu pekerjaan dengan baik.

Buatlah waktu belajar yang lebih terstruktur. Jangan lupa buat list tugas yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Dengan begitu kamu akan semakin mudah melakukan kegiatan perkuliahan dan pekerjaan kantor yang super sibuk.

Sesuaikan jam kerja dan kuliah

Setiap jadwal yang padat biasanya sangat pas jika kamu bisa mengatur jadwal dengan baik. Makanya kamu harus benar-benar bisa mengatur antara jam kerja dan jam kuliah. Jangan sampai jadwal kuliah dan magang kamu bentrok.

Misalnya jika sore hari kamu mengikuti perkuliahan, maka pagi hari kamu bisa maksimalkan dengan kegiatan belajar dan mengerjakan tugas.

Bentuk komunikasi yang bagus

Karena kamu bakalan sibuk melakukan kegiatan secara bersamaan, maka alangkah lebih baik jika kamu membuat komunikasi yang baik dengan temanmu. Komunikasi yang baik akan memudahkan kamu mengkoordinasikan tugas-tugas yang kamu kerjakan.

Baca juga: Berikut 3 Tanda Manajemen Waktu yang Buruk

Cicil tugas dengan baik

Menjadi mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan dicicil. Mencicil tugas akan memudahkan kamu menyelesaikan tugas dengan baik. Jadi kamu gak bingung tuh harus begadang karena deadline pekerjaan.

Sistem kebut semalam bakalan bikin kamu tambah pusing dalam mengerjakan tugas. Makanya harus kamu selesaikan dengan sebaik mungkin ya. Cicil tugas sedikit demi sedikit agar bebanmu bisa berkurang.

Atur prioritas sebaik mungkin

Melakukan pekerjaan dan kuliah secara bersamaan memang tak mudah. Makanya kamu harus memiliki prioritas yang harus kamu utamakan.

Atur waktu luang dengan baik. Dengan begitu kamu tetap bisa melakukan aktivitas di luar sana. Misalnya saja seperti melakukan hangout, shopping, dan jangan lupa melakukan istirahat.

Sekian artikel tentang memaksimalkan waktu agar tidak terbuang percuma. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Penerapan Manajemen Waktu yang Efektif


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar