Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Peluang Kerja Buat Lulusan Managemen Informasi?
Siker.id | 15 Nov 2021 14:45


Bagikan ke
Peluang atau prospek kerja managemen informasi sangatlah menjanjikan dan jumlah gajinya juga memuaskan. (siker)

siker.id - Peluang atau prospek kerja manajemen informatika sangatlah menjanjikan dan jumlah gajinya juga memuaskan. Jurusan yang satu ini memang sangat populer di kalangan pelajar. Ada banyak juga kampus di Indonesia yang menawarkan jurusan ini. Berikut adalah beberapa pilihan profesi lulusan manajemen informatika yang bisa Kamu pilih.

Baca juga: Lulusan Hubungan Internasional Kerja Jadi Apa?

1. Programmer

Anda bisa menjadi seorang programmer dengan mengambil jurusan manajemen informatika sebagai prospek pekerjaan paling umum. Tugas programmer adalah membuat sistem perangkat lunak termasuk memastikan agar sistem bekerja dengan baik.

2. Software Engineer

Prospek pekerjaan selanjutnya adalah menjadi seorang software engineering atau yang bertugas dalam pengembangan sistem perangkat lunak dari pekerjaan seorang programmer sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan perusahaan ataupun organisasi. Jadi jika perusahaan membutuhkan seorang programmer, maka jelas sekali membutuhkan software engineer. Selain itu Anda juga perlu tahu bahwa software engineer adalah jenis programmer tetapi tidak semua programmer ahli sebagai software engineer.

3. System Analyst

Dengan tanggung jawab besar, system analyst harus bekerja dalam merencanakan, melakukan koordinasi, juga menganalisis sistem software. Sebagai software analyst, kamu juga harus sering berinteraksi menghadapi klien, programmer, desainer, ataupun membuat dokumentasi software yang telah kamu buat.

4. Dosen Managemen Informatika

Menjadi seorang dosen juga merupakan salah satu pekerjaan yang menyenangkan. Apalagi jika Anda punya bakat mengajar dan ingin memberi manfaat dari ilmu yang dipunya. Dosen di bidang informatika saat ini juga sangat dibutuhkan kehadirannya sehingga Anda punya peluang besar di sini. Anda bisa punya banyak penghasilan di bidang profesi yang satu ini. Apalagi kalau rajin membuat karya ilmiah. Anda juga bisa menyusun buku-buku akademis yang tentu akan menambah penghasilan.

5. Konsultan IT

Peran seorang konsultan memang dibutuhkan dalam berbagai bidang. Termasuk di bidang teknologi dan informatika. Sebagai lulusan manajemen informatika, Anda bisa memilih untuk bekerja sebagai konsultan IT. Anda bisa bergabung dengan perusahaan tertentu atau bisa juga memulai jasa konsultan sendiri jika memungkinkan. Sebagai konsultan, tentu Anda membutuhkan jangkauan ilmu yang lebih luas di bidang informatika. Pendapat serta pemikiran akan memberi dampak dan manfaat bagi banyak orang.

Baca juga: Buat Lulusan Filsafat, Berikut Prospek Kerjanya!

6. Software Tester

Peluang atau prospek kerja manajemen informatika yang berikutnya adalah software tester. Sesuai dengan namanya, di bidang profesi yang satu ini Kamu akan bertugas melakukan uji coba apakah sebuah software layak untuk digunakan atau tidak. Biasanya peran software tester sangat dibutuhkan di perusahaan maupun organisasi. Tak hanya melakukan uji coba, Anda juga harus memberikan solusi jika ternyata software yang diuji tidak layak.

7. Web Programmer atau Web Designer

Website merupakan bukti yang paling mudah ditemukan untuk membuktikan kalau peran teknologi informatika di zaman sekarang itu sangat penting. Dengan ini, Anda yang baru lulus jurusan manajemen informatika bisa melamar kerja sebagai web programmer atau web designer untuk membuat website atau mendesain tampilan website agar terlihat semakin profesional.

8. Database Administrator atau Network Engineer

Database administrator sudah pasti merupakan prospek kerja utama untuk jurusan manajemen informatika, tetapi apa yang dilakukan oleh seorang administrator ini? Seorang administrator data bertugas dalam menjaga kelancaran sistem yang sudah dibuat dapat berjalan dengan lancar, melindungi sistem software itu dari pencurian data yang bisa terjadi, dan mengatasi segala gangguan sistem. Dengan tanggung jawabnya yang besar, perusahaan akan selalu mencari mahasiswa lulusan jurusan manajemen informatika untuk mengisi posisi database administrator atau network engineer.

9. Freelancer

Jika Anda tidak suka terikat pada suatu perusahaan, maka cobalah bekerja menjadi freelancer. Sebagai lulusan manajemen informatika, tentu Anda punya banyak bekal ilmu mengenai teknologi dan bidang informatika. Anda bisa jadi freelancer programmer, maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan cakupan kemampuanmu.

10. Game Developer

Jika Anda penyuka game dan ingin bekerja di bidang ini, maka bisa mencoba menekuni profesi game developer. Sebagai game developer, Anda tentu akan bekerja mengembangkan sebuah game hingga bisa dinikmati oleh banyak orang. Anda bisa bergabung dengan perusahaan untuk menempati posisi game developer.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan managemen informasi. Jika menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Dan jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Karir Apa yang Cocok Bagi Lulusan Ekonomi Manajemen?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar