Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini 10 Peluang Kerja Lulusan Sistem Informasi
Siker.id | 15 Nov 2021 14:15


Bagikan ke
Jurusan sistem informasi dan teknik informatika beberapa tahun kebelakang merupakan jurusan yang cukup popular di Indonesia. (siker)

siker.id - Jurusan sistem informasi dan teknik informatika beberapa tahun kebelakang merupakan jurusan yang cukup popular di Indonesia. Hal itu tidak lain dikarenakan dengan kemajuan teknologi informasi yang cukup pesat. Jika Anda sedang kuliah atau ingin kuliah di jurusan tersebut dan masih bingung setelah lulus dari jurusan sistem informasi atau teknik informatika mau kerja apa. Berikut ini beberapa prospek kerja buat Anda lulusan jurusan sistem informasi. 

Baca juga: Ambil Jurusan Kesehatan Masyarakat? Begini Prospek Kerjanya

1. Network Administrator

Sebagai lulusan sistem informasi, Anda bisa berkarier sebagai seorang network administrator. Lingkup kerjanya mulai dari penaksiran hal yang dibutuhkan klien tentang sistem informasi, hingga mendesain dan mengembangkan sistem informasi baru serta memasangnya. Apabila Anda ingin sukses di bidang ini, mengasah kemampuan matematika dan problem solving adalah sebuah keharusan.

2. System Analyst

Seorang lulusan sistem informasi juga dapat bekerja sebagai system analyst. System analyst sendiri adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab untuk mendesain solusi dalam teknologi informasi. Anda bertanggungjawab untuk memodifikasi dan mengadaptasi sistem yang ada dan mengintegrasi fitur-fitur baru agar adanya efisiensi dan produktivitas dalam bisnis. System analyst dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan organisasi seperti perusahaan otomotif, layanan keuangan, bank investasi dunia, pabrik, serta layanan masyarakat.

3. Software Developer

Seorang lulusan sistem informasi juga berpotensi untuk berkarier sebagai software developer. Pekerjaan ini meliputi pembuatan, pengembangan, dan pengujian program-program perangkat lunak komputer. Software developer bisa membuat berbagai jenis perangkat lunak seperti sistem operasi, network distribution, serta software compiler yang mengkonversi program untuk dieksekusi komputer. Software developer dibutuhkan oleh berbagai industri, mulai dari perusahaan ritel, sektor kesehatan, industri pariwisata dan hiburan, layanan keuangan, hingga media.

4. Computer Engineering

Tugas dari profesi ini akan sangat berkaitan dengan sistem komputer. Entah itu membangun jaringan yang nantinya digunakan untuk transfer data, mengembangkan teknik-teknik membuat komputer agar lebih cepat, mobile, dan lain sebagainya. Profesi ini bahkan juga bertugas untuk menganalisa, menemukan, bahkan memecahkan masalah pada sistem komputer. Computer engineering fokusnya yaitu pada perangkat keras dan lunak.

5. Database Administrator

Database Administrator merupakan profesi yang tugas utamanya adalah merancang, mengimplementasikan, memaintenance, dan melakukan perbaikan pada database. Ini akan berkaitan dengan programmer. Database Administrator juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan di masa depan.

Baca juga: Buat Lulusan Filsafat, Berikut Prospek Kerjanya!

6. UI/ UX Developer

User Interface (UI) Developer merupakan pekerjaan yang sangat mirip dengan web designer. Perbedaan utamanya yaitu jika web designer hanya mendesain web saja UI Developer harus bisa mendesain tampilan aplikasi baik desktop, web, ataupun mobile. Sedangkan User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna pada saat mengakses suatu sistem (aplikasi web /desktop/ mobile ). Mereka akan sangat mendetail sekali terhadap layout sebuah aplikasi dan juga sistem kerja suatu aplikasi apakah merumitkan atau memudahkan.

7. Network Security

Dari namanya saja, Anda pasti dapat menebak bahwa profesi ini berkaitan dengan keamanan jaringan. Di negara-negara maju saat ini profesi Network Security merupakan salah satu dari enam jenis pekerjaan dibidang cyber security dengan bayaran paling tinggi.

8. Information System Manager

Sebagai seorang Information System Manager, Anda diharapkan akan mengendalikan sistem agar dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Lebih dikenal sebagai IS Manager, tugas profesi ini mencakup perencanaan, instalasi, dan maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software.

9. IT Consultant

Ingin bekerja dibidang pelayanan, Sobat? Nah, barangkali profesi IT Consultant akan sesuai untukmu kelak. Seorang IT Consultant biasanya membantu klien yang ingin menggunakan IT. IT Consultant juga membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT-nya.

10. E-Commerce System Developer

Tugas seorang E-commerce System Developer cukupkompleks, meliputi alur sistem, tingkat keamanan, hingga UI dan UX sistem e-commerce perusahaan. Bila profesi ini adalah cita-citamu, bangun dan kembangkan kecakapanmu untuk bekerja dalam tim sejak sekarang, Sobat.

Sekian pembahasan tentang peluang kerja lulusan system informasi. Jika menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Dan jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Akuntansi Kerja di Bagian Apa?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar