Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Sikap Profesional saat Pertama Kali Bekerja
Siker.id | 02 Mar 2022 15:00


Bagikan ke
Sikap profesional saat pertama bekerja. (siker)

siker.id - Momen awal bekerja merupakan fondasi yang penting untuk berkembang dan mempelajari hal baru. Karenanya, bukan tidak mungkin kamu merasa kewalahan akibat banyaknya hal yang perlu dipahami dan dicermati secara saksama.

Namun, di samping memperoleh hard skill berupa pengetahuan dan kemampuan teknis, soft skill juga gak kalah penting untuk dipelajari. Keterampilan ini bahkan harus dijadikan sebagai core value yang membantumu berkembang. Oleh karena itu, simak beberapa sikap yang menunjukkan profesionalitasmu dalam bekerja.

Baca juga: Berikut Cara Menjaga Profesionalisme Ditempat Kerja

Integritas

Selain bersikap proaktif, kamu juga perlu memiliki integritas dalam bekerja. Ini dimaknai dengan konsistensi dan keteguhan dalam menunjung tinggi nilai-nilai leluhur. Artinya, tak ada satupun yang mampu menggoyahkan prinsipmu walau badai menghadang.

Integritas juga berkaitan erat dengan kejujuran, baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Dengan kata lain, keyakinan dan perilakumu berjalan selaras sehingga semua orang dapat melihat ketulusan dari apa yang kamu kerjakan.

Menghargai satu sama lain

Untuk mencapai tujuan perusahaan, kamu tentunya akan bekerja sama dengan rekan lain yang terlibat dalam satu tim. Karenanya penting untuk memiliki respect yang tinggi terhadap satu sama lain. Dengan demikian, kamu bisa menciptakan atmosfer bekerja yang harmonis.

Respect bisa ditunjukkan dengan bersikap sopan dan memperlakukan rekan kerja dengan baik. Selain itu, kamu juga perlu memiliki common sense agar memahami etika selama bekerja. Misalnya, topik apa yang boleh dan sebaiknya tidak diangkat dalam perbincangan bersama sesama rekan kerja.

Baca juga: Berikut 5 Sikap yang Menunjukkan Tidak Profesional

Percaya diri

kamu juga perlu mengembangkan kepercayaan diri dengan meyakini kapasitas yang dimiliki. Hal ini penting sekali karena dapat mendorongmu untuk menerima tantangan. Kalau sudah begitu, kamu gak akan membiarkan rasa takut menguasai pikiranmu.

Selain itu, bersikap percaya diri juga bisa meningkatkan kemampuanmu dalam memimpin. Nah, kemampuan leadership ini juga gak kalah penting di dunia kerja, lho. Memiliki dua kemampuan tersebut tentu akan sangat membantu pekerjaanmu nantinya.

Sekian artikel tentang sikap professional saat pertama kali bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Koneksi Profesional Yang Tepat?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar