Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 4 Teknik Presentasi yang Benar
Siker.id | 26 Feb 2022 11:00


Bagikan ke
Teknik presentasi yang benar. (siker)

siker.id - Hampir semua karyawan pasti akan melakukan presentasi untuk berbagai macam keperluan. Tujuan utama dari presentasi sendiri adalah untuk menyampaikan informasi atau mengedukasi suatu hal kepada pihak lain. Tingkat kesuksesan presentasi bergantung kepada Anda sebagai pembawa materi. Oleh karena itu, diperlukan teknik presentasi yang jitu untuk mendukung presentasi yang Anda bawakan menjadi sukses. Berikut ulasannya untuk Anda!

Baca juga: Pentingnya Menyiapkan Presentasi Bisnis yang Menarik

Kenali Audiens

Anda bisa mempresentasikan suatu materi dengan lancar jika mengenali secara detail siapa audiens atau orang yang berbicara di depan Anda. Maka dari itulah ada baiknya Anda mempelajari siapa orang yang akan mengikuti pertemuan. Kemudian, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan sering digunakan audiens. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis dan kurang dimengerti audiens. Sebab, inti pesan tidak akan tersampaikan dengan benar jika audiens tidak bisa memahami apa yang Anda katakan.

Singkat dan Padat

Anda boleh menyelipkan jokes atau insight tambahan di luar presentasi. Hal ini dapat mencairkan suasana yang mendadak canggung. Akan tetapi, pastikan Anda membawakan materi dengan singkat dan padat agar materi yang dibawakan menjadi jelas. Materi yang dibawakan terlalu lama dan panjang justru akan membuat audiens bosan dan tidak bisa fokus memperhatikan materi.

Baca juga: 4 Tips Mempersiapkan Presentasi Bahasa Inggris dengan Baik

Visualisasikan Secara Menarik

Audiens akan bosan ketika Anda menggunakan data dan informasi hanya berupa teks monoton. Visualisasikan data dan informasi menggunakan gambar dan infografis yang menarik. Jangan lupakan pilih warna yang pas tetapi tidak mencolok. Dengan begitu audiens semakin tertarik untuk memusatkan perhatian kepada presentasi Anda.

Bicara dengan Lugas

Bagaimana mungkin suatu informasi dan pesan disampaikan dengan benar ketika Anda bicara terbata? Oleh karena itu, bicaralah yang lugas dan tidak berbelit. Kelugasan Anda dalam berbicara dapat menunjukkan kredibilitas Anda sebagai pembawa materi yang baik dan berwawasan luas.

Sekian artikel tentang Teknik presentasi yang benar. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Tips Sukses Presentasi Pertama di Kampus


Editor: Theo Adi -

     

Komentar