Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Penyebab Terkena Blacklist saat Melamar Kerja
Siker.id | 24 Feb 2022 15:45


Bagikan ke
Penyebab terkena blacklist saat melamar kerja. (siker)

siker.id - Meski lowongan kerja selalu ada, namun mencari pekerjaan tetap bukan hal yang mudah. Apalagi bagi para fresh graduated yang masih minim pengalaman. Memang, banyak yang berusaha mati-matian supaya bisa diterima kerja di perusahaan idaman. Sayangnya, nggak semuanya begitu ada saja pencari kerja yang justru melakukan hal tak menyenangkan dan malah membuat mereka dimasukan ke kategori orang-orang yang dihindari atau di-blacklist. Lamaranmu tidak lagi direspons karena reputasimu sudah buruk oleh perusahaan.

Berikut ini hal- hal yang dapat membuat Anda keblacklist perusahaan saat melamar antara lain:

Baca juga: 4 Tips Persiapan Melamar Kerja

Jangan membombardir perusahaan dengan lamaran kerja

Nggak hanya mengirimkan lamaran berkali-kali, melamar posisi yang berbeda secara bersamaan di satu perusahaan juga bisa membuatmu kena blacklist lo! Hal ini bisa membuatmu dipandang sebelah mata karena nggak fokus menentukan posisi pekerjaan yang dilamar.

Tidak memenuhi panggilan interview

Biasanya setiap perusahaan akan memiliki database yang berisikan nama pelamar kerja. Nah, kalau kamu nggak datang maka namamu akan tercatat dan nggak ada kemungkinan untuk dipanggil lagi. Untuk itu, cobalah kabari pewawancara jika memang kamu nggak bisa datang, jangan lupa pula sebutkan alasanmu. Selain membuatmu lebih aman ini juga nggak akan membuat pewawancara menunggu kedatanganmu.

Baca juga: Hindari Kesalahan ini Saat Melamar Kerja

Memberi rasa tidak nyaman kepada perekrut

Memang sih kadang orang nggak sabar menunggu hasil tes kerja, tapi bukan berarti kamu boleh menanyakan kejelasan kepada perekrut berkali-kali lo! Ini bisa membuat perektur risih dan malah menghapus namamu meski ternyata kamu sebenarnya lolos. Baiknya, tunggulah hingga 14 hari, jika memang nggak ada jawaban kamu bisa segera move on mencari pekerjaan lain.

Data yang ditulis pelamar itu palsu atau bohong

Terlalu banyaknya pencari kerja, ada saja oknum yang menjual diri mereka kepada perekrut dengan memberikan data palsu. Nggak hanya skill, namun beberapa dari mereka bahkan ada yang menuliskan pengalaman kerja palsu lo! Padahal tanpa kamu tahu, biasanya HRD akan melacak ke perusahaan tempat kerjamu dulu. Nah, daripada bohong, mending buat CV dengan jujur dan sesuaikan benar-benar dengan kemampuanmu.

Sekian artikel tentang penyebab terkena blacklist saat melamar kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Melamar Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar