Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 4 Manfaat Menyediakan Makan Siang bagi Karyawan
Siker.id | 21 Feb 2022 14:00


Bagikan ke
manfaat menyediakan makan siang bagi karyawan. (siker)

siker.id - Menyediakan makan siang karyawan merupakan tindakan opsional. Ada perusahaan yang memberikan fasilitas air (panas dan dingin), kopi, dan teh. Ada juga yang menyediakan kudapan pagi, makan siang, dan minuman. Penyediaan makan siang dari perusahaan kepada karyawannya ternyata bisa memberi dampak baik dimata karyawan maupun manajemen. Lalu apa saja keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dengan tindakan tersebut? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut ini Manfaat Melakukan Journaling bagi Karyawan

Meningkatkan produktivitas dan kreativitas

Keuntungan menyediakan makan siang yang pertama adalah meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawan. Kenapa demikian?

Istirahat adalah cara untuk memperoleh energi dan menyegarkan pikiran setelah berkutat dengan berbagai proyek kerja. Ketika istirahat makan siang, seorang karyawan akan bertemu rekan kerja lain divisi, penjual makanan, atau berkomunikasi dengan orang lain.

Kondisi tersebut memberikannya perspektif atau pengetahuan baru. Hal itu bisa ia aplikasikan dalam pekerjaan, seperti membuat ide untuk kampanye pemasaran atau insight untuk solusi proyek selanjutnya.

Meningkatkan retensi dan moral karyawan

Sekotak makan siang merupakan upaya perusahaan menghargai jerih payah karyawannya. Karyawan yang diperlakukan seperti itu cenderung loyal, menghargai rekan kerjanya, dan jika mereka cerita pengalamannya di media sosial, reputasi perusahaan pun akan positif. Alhasil perusahaan pun berhasil meningkatkan retensi serta moral karyawannya.

Baca juga: 4 Tips Penjadwalan Kerja Karyawan yang Efektif

Menciptakan kebiasaan sehat

HR dapat menciptakan kebiasaan sehat di lingkungan kerja dengan mendorong karyawan menikmati waktu istirahat sambil mencecap makan siang yang telah disediakan. Dampak jika mereka teratur melakukannya, antara lain pekerjaan selesai tepat waktu, pulang kerja sesuai jadwal, memiliki work-life balance, dan target perusahaan pun terpenuhi.

Mengurangi makan siang diluar

Biasanya, karyawan memanfaatkan waktu makan siang untuk ke luar. Mulai dari yang terdekat ke kantin, rumah makan sekitar kantor, atau pusat belanja yang jaraknya lebih dari dua kilometer.

Sebenarnya, tak masalah kemanapun mereka pergi makan siang. Yang menjadi masalah adalah mereka datang terlambat kembali ke kantor. Hal itu akan mengganggu produktivitas kerja. Pemberian makan siang adalah cara mengurangi karyawan pergi ke luar.

Sekian artikel tentang manfaat menyediakan makan siang bagi karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Resign Sebelum 90 Hari Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar