Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Generasi Milenial Memiliki Daya Tarik terhadap PNS
Siker.id | 18 Feb 2022 18:35


Bagikan ke
Milenial tertarik dengan PNS. (siker)

siker.id - Benarkah hingga kini profesi sebagai PNS masih begitu diminati? Terlebih bagi para generasi milenial? Beberapa anak muda memang tidak lagi bercita-cita menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Sekarang ini, mereka mengidam-idamkan menjadi seorang pengusaha. Atau setidaknya mereka bisa bekerja di sebuah startup yang sedang ngetrend saat ini. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat PNS tidak seleksi. Nyatanya, di pembukaan penerimaan pegawai negeri tahun ini, jumlahnya membludak. Padahal, total yang dibutuhkan hanya 200.000.

Itu sudah bisa dijadikan bukti betapa menariknya menjadi seorang pegawai negeri. Hanya saja, tidak bisa dipungkiri animo anak muda tidak seperti pada zaman dahulu. Mengapa menjadi seorang pegawai negeri tetap menjadi idaman? Hal tersebut tidak lepas dari beberapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan dengan menjadi seorang abdi negara.

Berikut ini beberapa keuntungan menjadi abdi negara:

Baca juga: 3 Perbedaan Milenial dan Generasi Z di Dunia Kerja

Tunjangan Kerja yang Menggiurkan

Sebenarnya, dari segi gaji ASN itu mendapatkan gaji yang relatif lebih rendah. Jangan dibandingkan dengan karyawan perusahaan besar apalagi karyawan BUMN. Bedanya antara bumi dan langit.

Akan tetapi, di era pemerintahan sekarang ini mereka mendapatkan tunjangan kerja yang begitu tinggi. Ada lagi tambahan penghasilan. Ini bervariasi antara tingkatan pegawai satu dengan lain. Tambahan penghasilan yang didapatkan oleh seorang pegawai negeri sipil ditentukan oleh seberapa berat kerja yang dilakukan. Pastinya, tunjangan PNS itu lebih tinggi dibandingkan dengan gaji yang didapatkan.

Kemudahan Mendapatkan Pinjaman

Memang pegawai negeri tidak memiliki gaji sebesar karyawan perusahaan. Namun, bank lebih percaya dengan ASN.

Tentu bukan tanpa alasan. Di mata perbankan, ASN jauh lebih stabil dalam hal pendapatan. Jadi, kemungkinan tidak membayar kewajiban bulanan sangat rendah.

Selain itu, jarang sekali ASN yang dipecat. Beda dengan karyawan. Bisa saja tiba-tiba karyawan dipecat, entah karena perusahaan bangkrut atau karyawan tidak lagi produktif. Tentu ini membuat bank mengalami masalah ketika bank memberikan pinjaman.

Jadi, alasan lebih bisa dipercaya membuat bank lebih mudah memberikan pinjaman kepada ASN. Bahkan, tidak jarang bank yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang menarik khusus untuk PNS.

Baca juga: 4 Cara Kaum Milenial Menghasilkan Uang

Waktu Kerja yang Tidak Memberatkan

Beberapa orangtua ingin sekali anaknya menjadi PNS. Terutama anak perempuan. Anda tahu alasannya?

Menjadi ASN sangat cocok untuk perempuan. Ketika sudah menikah, mereka tidak akan terforsir. Waktu kerja sama sekali tidak memberatkan. Berbeda dengan karyawan perusahaan yang akan lebih ditekan oleh deadline, beban kerja yang berat, dan sering lembur.

Dengan menjadi pegawai negeri sipil, seorang perempuan tetap bisa mengurus keluarga. Ini alasan utamanya. Namun, hal ini tidak lantas laki-laki tidak bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi ASN. Dengan waktu kerja yang tetap, tak jarang ASN pria yang akhirnya tetap bisa menjalankan usaha lainnya. Di pagi hingga sore hari, mereka bisa bekerja di kantor sebagai PNS. Sementara di malam hari, mereka bisa menjalankan usaha sampingan.

Sekian artikel tentang ketertarikan milenial terhadap PNS. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Meniti Karir Bagi Kaum Milenial


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar