Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 4 Tips Menjadi Moderator yang Handal
Siker.id | 16 Feb 2022 13:30


Bagikan ke
Tips menjadi moderator yang handal. (siker)

siker.id - Moderator adalah orang yang memimpin rapat dari awal sampai akhir. Menjadi moderator yang baik atau bahkan hebat tidaklah mudah. Hal ini karena harus melewati banyak sekali pengalaman dalam memipin sebuah rapat dan siap dengan pro kontra dalam pengambilan suatu keputusan. Jika Anda ingin menjadi moderator yang baik di sebuah rapat, perlu persiapan yang matang dan baik. Ikuti tips berikut ini untuk menjadi moderator yang handal!

Baca juga: 5 Tips Membuat Rapat Lebih Efektif

Lakukan Riset

Jika Anda tidak cukup berpengetahuan tentang topik tersebut, lakukan riset. Cari beberapa sumber. Ada banyak sekali konten yang tersedia di internet tentang topik apa pun.

Anda juga dapat sharing dengan orang lain yang tahu lebih banyak tentang topik tersebut. Anda harus meneliti pertanyaan potensial yang dapat Anda ajukan atau audiens akan tanyakan tentang topik terkait.

Fokus dan Perhatikan

Anda adalah satu-satunya yang perlu memperhatikan penuh jalannya sebuah rapat. Anda harus memastikan bahwa Anda mengajukan pertanyaan yang tepat. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan dan memberikan fokus Anda secara penuh dalam rapat.

Baca juga: Bagaimana Caranya Membuat Rapat Lebih Efektif?

Rajin Berlatih

Tidak ada hasil yang instan, semua hal pastinya butuh melalui sebuah proses. Mengendalikan jalannya suatu rapat tidak selalu mudah mengingat sering kali rapat berlangsung kurang kondusif. Tetapi dengan kemauan dan usaha yang keras untuk terus berlatih tentu lama-lama Anda bisa terbiasa.

Bersiap Sebelum Rapat

Anda harus siap. Jangan muncul tanpa persiapan apapun. Hal paling sederhana di sini adalah mengetahui agenda.

Kedengarannya jelas, tapi percayalah, banyak moderator di luar sana yang bahkan tidak tahu apa yang akan terjadi. Anda harus tahu terlebih dahulu dengan siapa Anda berurusan dan topik apa yang akan Anda bahas dengan mereka.

Sekian artikel tentang tips menjadi moderator yang handal. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Manfaat Show Gratitude di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar