Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 4 Tugas Utama Seorang Moderator
Siker.id | 16 Feb 2022 12:30


Bagikan ke
Tugas utama seorang moderator. (siker)

siker.id - Dalam sebuah rapat, biasanya selalu ada pihak yang memandu agar rapat berjalan dengan lancar. Pihak pemandu tersebut dinamakan moderator rapat. Terkadang moderator dianggap hanya sebagai pelengkap sebuah rapat saja, dan tugasnya dipandang sepele seakan-akan tidak ada yang perlu diperhitungkan.

Moderator adalah orang yang bertugas menjadi penengah dalam sebuah rapat, atau dapat dikatakan moderator adalah orang yang memimpin jalannya rapat dan bertanggungjawab atas kelancaran rapat tersebut.

Lalu apa yang menjadi tugas utama moderator? Berikut ulasannya!

Baca juga: Tips Membuat Rapat yang Efisien

Menjaga Topik Bahasan

Sebuah rapat yang baik dapat tercipta jika pembicaraan dalam rapat tersebut terarah dan relevan dengan topik yang sudah ditentukan. Tak jarang pembahasan bisa melenceng dari topik dengan peserta yang bertanya mengenai sesuatu diluar topik bahasan.

Dalam hal ini, moderator bertugas untuk menjaga agar pembicaraan tetap sesuai dengan topik bahasan. Sebagai moderator, Anda harus berani untuk menghentikan pembicaraan yang melenceng dari topik.

Menjaga Ketertiban Rapat

Rapat dapat berjalan dengan lancar apabila diselenggarakan dengan tertib. Tertib disini memiliki makna untuk tidak melakukan tindakan yang anarkis dan menyinggung SARA, serta tertib secara jadwal. Moderator memiliki peran untuk menjaga ketertiban tersebut.

Baca juga: Berikut 3 Tips Meningkatkan Keaktifan Peserta Rapat

Membuka Diskusi

Dalam sebuah rapat pasti akan dibuka yang dinamakan sesi diskusi untuk memastikan bahwa seluruh audiens dalam rapat telah paham dan mengerti materi rapat.

Adanya diskusi bertujuan untuk membahas topik rapat dengan sudut pandang dari berbagai pihak.

Tugas moderator adalah membuka diskusi ini. Biasanya diskusi dibuka dengan memaparkan sedikit rangkuman atau kesimpulan dari materi yang telah disampaikan.

Menutup Rapat

Dalam tugasnya menutup rapat, moderator melakukannya dengan memberikan poin-poin penting sebagai kesimpulan dari hasil diskusi pada rapat tersebut. Perlu diingat bahwa kesimpulan yang dibuat harus berdasarkan pada isi pembicaraan yang telah dibahas pada rapat, bukan dari opini moderator.

Sekian artikel tentang tugas seorang moderator. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 2 Tips Agar Tidak Bosan Saat Rapat Virtual


Editor: Theo Adi -

     

Komentar