Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 4 Tugas dari Divisi Human Capital
Siker.id | 10 Feb 2022 12:00


Bagikan ke
Tugas divisi human capital. (siker)

siker.id - Selama ini, Anda mungkin sudah memahami betul istilah human resource di dunia kerja. Namun bagaimana dengan human capital?

Menurut Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), human capital didefinisikan sebagai: “Pengetahuan, keterampilan, kompetensi, dan atribut lain yang terkandung dalam individu atau kelompok individu yang diperoleh selama hidup mereka dan digunakan untuk menghasilkan barang, jasa, atau ide dalam situasi pasar”.

Istilah human capital mengacu pada nilai ekonomi dari pengalaman dan keterampilan pekerja. Human capital mencakup aset seperti pendidikan, pelatihan, kecerdasan, keterampilan, kesehatan, dan kesetiaan dan ketepatan waktu. Dengan demikian, human capital adalah aset atau kualitas tidak berwujud yang tidak terdaftar di neraca perusahaan. Human capital dianggap menjadi sumber daya yang paling mendasar dan penting untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan peningkatan produktivitas dan efisiensi.

Lalu apa saja yang menjadi tugas dari divisi human capital ini?

Baca juga: Bagaimana HRD Hadapi Tantangan saat Pandemi?

Pelatihan dan pengembangan karyawan

Fungsi dari human capital management adalah memberikan pelatihan yang memadai untuk membantu karyawan memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan. Human capital management menciptakan lingkungan yang bisa mendorong pertumbuhan dan perkembangan untuk membantu orang memperoleh keterampilan dan kemampuan baru untuk memberikan hasil yang lebih baik dan memajukan karier mereka.

Retensi karyawan

Human capital management bertujuan untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan dengan memungkinkan mereka menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk berkontribusi pada tujuan perusahaan. Hal ini menciptakan rasa memiliki bagi karyawan sekaligus membuat mereka merasa dihargai dan berkomitmen.

Baca juga: 5 Jenis Software yang Membantu Tugas HRD

Merekrut kandidat terbaik

Salah satu fungsi terpenting dari human capital management adalah untuk menarik dan merekrut kandidat yang membantu perusahaan mencapai tujuannya. Human capital management menyediakan semua alat yang dibutuhkan HRD untuk memposisikan perusahaan sebagai tempat kerja yang ideal bagi kandidat terbaik dan memperlancar proses rekrutmen.

Orientasi

Mengelola sumber daya manusia membutuhkan orientasi karyawan baru yang efektif dan efisien. Ini memperkenalkan mereka pada budaya perusahaan, persyaratan dan harapan pekerjaan, serta menciptakan lingkungan yang mendukung yang membantu mereka menyesuaikan diri dengan peran mereka.

Sekian artikel tentang tugas dari divisi human capital. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tanda HRD Senang dengan Kinerja Anda


Editor: Theo Adi -

     

Komentar