Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 3 Cara Melatih Kreativitas
Siker.id | 10 Feb 2022 09:00


Bagikan ke
Cara melatih kreativitas. (siker)

siker.id - Tahukah kamu bila salah satu soft skill yang paling dicari perusahaan pada tahun 2022 ini adalah kreativitas? Hal tersebut diungkapkan melalui data yang dikumpulkan oleh LinkedIn di awal tahun 2022.

Banyak perusahaan membutuhkan karyawan yang secara kreatif dapat membawa ide-ide baru dalam melakukan pendekatan terhadap masalah maupun tugas di berbagai peran yang ada di perusahaan, mulai dari software engineering hingga HR.

Itu sebabnya agar dapat dilirik perusahaan impian, pastikan kamu menguasai kreativitas pada daftar soft skills kamu. Berikut ini tips cara melatih kreativitasmu!

Baca juga: Berikut Beberapa Life Skill yang Perlu Dikuasai

Gunakanlah kerangka design thinking

Cara pertama dalam mengasah kreativitas ini adalah dengan menggunakan kerangka berpikir design thinking.

Dengan menggunakan kerangka berpikir kamu terbantu dalam menciptakan ide-ide kreatif. Cara menggunakan kerangka berpikir design thinking tersebut misalnya dengan cara berikut:

• Tempatkan dirimu pada posisi orang yang masalahnya ingin kamu pecahkan. Dengan begitu kamu dapat memahami pengalaman dan solusi seperti apa yang sebenarnya ingin kamu capai.

• Jangan langsung puas hanya dengan solusi pertama yang muncul di benakmu. Carilah ide-ide lainnya terlebih dahulu. Bahkan jika ide itu masih terasa aneh jangan diremehkan.

Sesekali keluarlah dari ruangan kerja

Mungkin kamu merasa ada saat-saat di mana kreativitasmu buntu. Bila ini terjadi, menjauhlah dari komputer. Ambillah buku catatan dan duduklah di taman, atau pilihlah bekerja di luar kantor.

Perubahan pemandangan dapat membantu mengubah cara berpikirmu. Sehingga bila kamu kembali ke meja, kamu dapat menemukan perspektif baru.

Baca juga: Berikut 4 Super Skill yang Menjadi Incaran Perusahaan

Jadikan membaca sebagai rutinitas

Banyak CEO dari perusahaan-perusahaan besar yang terbiasa membaca buku setidaknya satu dalam seminggu. Contohlah kebiasaan tersebut. Jadikan membaca sebagai bagian dari rutinitasmu.

Pasalnya, membaca buku memiliki banyak manfaat untuk kamu. Tidak hanya sekedar untuk bersantai dan mengurangi stres, membaca juga dapat membantumu berpikir lebih jernih dan menemukan cara berpikir yang baru. Tentunya ini bagus sebagai cara meningkatkan kreativitas sebagai soft skill yang harus kamu miliki.

Sekian artikel tentang tips mengasah kreativitas. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 4 Skill IT yang Banyak Dicari Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar