Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Naik Jabatan?Lakukan dengan Cara Ini
Siker.id | 08 Nov 2021 16:45


Bagikan ke

siker.id - Setiap karyawan tentu ingin kariernya semakin meningkat yang biasanya ditandai dengan mendapat promosi naik jabatan. Tidak hanya gaji yang kembali disesuaikan, jabatan baru yang lebih tinggi akan menambah nilai pada CV Anda. Gaji tinggi dan posisi yang baik tentu memberikan kepuasan tersendiri sebagai suatu pencapaian karier.

Namun, tak bisa begitu saja mengajukan promosi. Mengingat, atasan dan perusahaan tentu saja memiliki berbagai pertimbangan mengenai jenjang karier setiap karyawannya, meski Anda mungkin sudah tak sabar. Hanya saja, ada hal yang harus Anda tahu untuk mengajukan promosi jabatan tanpa terkesan memaksa pada atasan.Ada trik-trik khusus yang bisa dilakukan agar atasan segera mempromosikan Anda ke posisi yang lebih tinggi. Apa saja? Simak ulasan berikut

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Bagi Lulusan Psikologi?

1. Usahakan selalu datang lebih awal

Tips jitu pertama agar dapat cepat naik jabatan adalah datang lebih awal. Dengan datang lebih awal, maka kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang belum sempat kamu selesaikan di hari sebelumnya, sehingga pekerjaanmu akan selesai lebih cepat sebelum deadline yang telah ditentukan.

Selain itu, atasan akan menilai kamu sebagai orang yang rajin, disiplin, dan memiliki loyalitas yang tinggi pada perusahaan. Dengan begitu, bukan sesuatu hal yang sulit, lho jika nanti kamu segera dipromosikan untuk naik jabatan.

2. Aktif dalam mengeluarkan pendapat dan memberikan solusi untuk kemajuan perusahan

Sebelum memberikan posisi yang lebih tinggi pada pegawainya, atasan akan meninjau terlebih dahulu cara kerja para pegawainya. Pegawai yang dinilai lebih aktif dalam menyuarakan pendapat dan produktif dalam memajukan perusahaan, tentunya akan dipilih untuk dipromosikan jabatannya.

Oleh karena itu, sebaiknya rajin utarakan pendapatmu pada saat meeting dan berikan solusi yang menurutmu bisa berdampak pada kemajuan perusahaan.

3. Berpenampilan rapi dan menarik

Selain menilai kinerja pegawainya, atasan juga akan memperhatikan penampilan pegawainya. Pakaian yang kita gunakan mencerminkan kepribadian kita juga lho. Oleh sebab itu, sebaiknya berpakaian lah yang rapi dan juga menarik agar lebih mudah menarik simpati atasanmu.

Berdasarkan penelitian para ahli, kemajuan karier seseorang ditunjang dari cara berpakaian, kebersihan diri kerapian rambut, dan caranya dalam menjaga kebugaran fisiknya

Baca juga: Bagaimana Membangun Personal Branding Sebelum Melamar Kerja?

4. Konsisten dalam bekerja

Selain berpenampilan rapi dan menarik, kamu juga harus konsisten dalam bekerja. Jangan menunda-nunda untuk segera menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu, maka kamu akan mendapatkan nilai plus dari atasanmu.

Hindari terlalu banyak bersantai saat jam kerja, apalagi jika kamu sampai bergosip dengan teman kerjamu di jam kerja. Bukannya mendapatkan promosi jabatan, malah kamu akan mendapatkan teguran karena dianggap membuang waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja malah melakukan sesuatu yang tidak berguna

5. Menjalin kerja tim yang bagus

Selain menilai kinerja secara individual, atasan juga akan menilai kinerja karyawannya saat bekerja dalam tim. Jika kamu mampu bekerja dalam tim dengan bagus dan bahkan bisa membuat timmu menjadi tim terbaik dalam perusahaan, bukan hal yang tidak mungkin kamu bakalan segera dipromosikan untuk naik jabatan.

6. Menunjukkan bahasa tubuh yang positif dan menunjukkan kesetiaan pada perusahaan

Bahasa tubuh merupakan hal yang pertama kali dinilai orang selain penampilan. Dengan menunjukkan bahasa tubuh yang positif seperti murah senyum, menatap ramah pada orang, dan berjalan dengan tegak maka atasan akan memberikan penilaian yang positif padamu.

Apalagi jika kamu sudah bekerja cukup lama di perusahaanmu, maka atasanmu menganggap kamu orang yang setia dengan perusahaan dan mempertimbangkan untuk mempromosikan jabatanmu, yang tentunya juga dilihat dari kinerjamu selama bekerja di perusahaan.

7. Selalu mengamalkan kejujuran dalam bekerja

Selain kinerja yang bagus dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan, kamu juga harus bisa mendapatkan kepercayaan dari atasanmu jika ingin naik jabatan. Caranya? Tentu saja dengan selalu mengamalkan kejujuran dalam bekerja.

Atasan gak akan memberikan jabatan yang lebih tinggi jika karyawannya tersebut tidak dapat dipercaya. Selalu utamakan kejujuran dan hindari bersaing secara tidak sehat dalam bekerja agar atasanmu bisa memberikan kepercayaannya kepadamu.

8. Menunjukkan potensi kepemimpinan kepada atasan

Nah, setelah kamu berhasil melakukan tips di atas dengan baik, saatnya untuk menerapkan tips yang terakhir dan yang paling ampuh yaitu tunjukkan potensi kepemimpinan yang kamu miliki pada atasanmu.

Tunjukkan bahwa kamu memiliki jiwa seorang pemimpin yang baik pada atasanmu. Kamu juga bisa menunjukkan hasil kerjamu selama ini dan bagaimana kualitas kerjamu saat bekerja dalam tim.

Atasan biasanya akan lebih memilih karyawannya yang memiliki skill yang baik saat bekerja dalam tim daripada yang hanya mampu bekerja dengan baik secara individual saja. Perusahaan tidak mungkin bisa maju tanpa adanya kerja tim yang baik.

Nah, itulah ulasan tips jitu agar kamu cepat naik jabatan. Semoga berhasil ya!

Sekian artikel Ingin Naik Jabatan?Lakukan dengan Cara Ini. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Lulusan Akuntansi Kerja di Bagian Apa?

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar