Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Meluluhkan Hati Pewawancara
Siker.id | 07 Feb 2022 18:15


Bagikan ke
Cara meluluhkan hati pewawancara. (siker)

siker.id - Untuk sukses dalam wawancara tidak hanya dibutuhkan CV yang memikat atupun nilai akademis yang mumpuni. Anda juga tidak bisa melewatkan nilai empati, karena disadari atau tidak sentuhan empati mensukseskan wawancara?Anda.

Setiap orang pasti punya rasa empati setidaknya simpati, demikian juga si pewawancara. Seharusnya poin ini bisa Anda pergunakan untuk sedikit-banyak memuluskan langkah Anda diterima di perusahaannya. Bagaimana caranya?

Berikut ini beberapa tips agar dapat meluluhkan hati si pewawancara:

Baca juga: Bagaimana HRD Hadapi Tantangan saat Pandemi?

Human Interest

Anda bisa memulai dengan saat si pewawancara menanyakan tentang keluarga. Cerita-cerita menarik seputar keluarga selalu bisa merebut hati pewawancara. Apakah tentang kedekatan Anda dengan saudara, pengalaman Anda menjaga orangtua yang sakit atau masa-masa perjuangan orangtua membesarkan Anda di tengah himpitan ekonomi.

Sentuh dengan Cerita

Jika pewawancara Anda adalah perempuan, biasanya lebih mudah disentuh dengan cerita-cerita yang demikian. Apalagi jika pewawancara tersebut usianya sudah matang akan lebih mudah terpikat dan memberikan empati terhadap pengalaman-pengalaman demikian. Namun jangan juga terlalu melebihkan cerita, sampaikan saja apa adanya.

Hobi

Cerita tentang hobi ataupun kesenangan yang Anda lakukan di luar pekerjaan akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pewawancara. Syukur-syukur ternyata hobi Anda tersebut sama dengannya, pastinya bakal menjadi obrolan seru saat wawancara. Dan tanpa Anda ketahui Anda sudah berhasil merebut hati pewawancara.

Baca juga: Tips agar CV Dilirik HRD

Informasi Terbaru

Terkadang unsur kesamaan membuat jalannya percakapan menjadi lebih mengalir, santai dan tidak ada beban. Ini terjadi karena kedua belah pihak sama-sama menguasai tema. Up date informasi terbaru seputar nasional dan internasional akan membantu Anda dalam wawancara. Tak jarang pewawancara memunculkan tema di luar konteks pekerjaan. Hal-hal umum yang sekiranya Anda ketahui. Dan ternyata bila memang Anda tahu tentang hal tersebut, bisa menjadi nilai plus buat Anda di matanya.

Selipkan Antusias

Anda harus bisa menyelipkan rasa antusias dan bangga Anda jika bisa berhasil masuk ke perusahaan tersebut. Utarakan juga pendapat positif Anda mengenai perusahaan yang membuat Anda semangat untuk diterima di sana.

Sekian artikel tentang tips meluluhkan hati pewawancara. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Jenis Software yang Membantu Tugas HRD


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar