Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Skill yang Wajib Dipelajari Digital Marketing
Siker.id | 07 Feb 2022 11:00


Bagikan ke
Skill yang wajib dipelajari digital marketing. (siker)

siker.id - Saat ini digital marketing tak hanya dilakukan oleh pebisnis online, tapi juga perusahaan-perusahaan besar lainnya. Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu metode untuk mempromosikan dan memasarkan sebuah merek (brand) dengan menggunakan media digital melalui Internet.

Sebagai dampak dari meningkatnya dunia Internet dan teknologi, digital marketing menjadi strategi yang sangat populer dan efektif bagi hampir sebagian besar tim pemasaran di seluruh dunia. Oleh karena itulah mengapa setiap perusahaan dirasa perlu memiliki seseorang yang mahir dalam dunia digital marketing sebagai bagian untuk pelaksanaan brand campaign mereka.

Apakah kamu bekerja di bidang digital marketing? Berikut ini beberapa skill yang wajib kamu pelajari!

Baca juga: Berikut Pengertian dan Tugas Seorang Digital Marketing

Aktif di media sosial

Apakah seorang digital marketer harus aktif di media sosial? Tentu saja. Sebab, medsos menjadi ranah kamu dalam berkreasi, mencari, mengumpulkan dan menjaring pelanggan.

Kamu bisa memanfaatkan Google+, SlideShare, maupun Pinterest. Sebagai seorang digital marketer, kamu bertugas menyiapkan strategi untuk meningkatkan performa bisnis perusahan. Oleh karena itu, jika menemukan medsos baru, sebaiknya kamu cepat mempelajari dan memanfaatkannya. Tentunya, keaktifan kamu di medsos harus diimbangi dengan kemampuan copywriting, untuk menunjang promosi brand.

Kemampuan teknis

Tak ada ruginya bagi kamu untuk mempelajari kemampuan teknis. Misalnya, teknis menulis coding secara sederhana. Skill ini akan membantu kamu dalam memproduksi video pemasaran.

Selain itu, kamu pun jadi mampu berkomunikasi lebih baik dengan tim IT perusahaan. Sebab, kamu dan tim IT bisa bertukar pikiran dan mencari strategi bersama untuk memenuhi keinginan pelanggan.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjalankan Profesi Digital Nomad

Soft skills

Seorang digital marketer perlu juga mengasah soft skill. Apa saja yang termasuk soft skill? Cara berkomunikasi, ramah tamah, dan bersikap fleksibel kepada pelanggan maupun rekan kerja. Kamu dituntut bisa menyeimbangkan hard skill dan soft skill.

Visualisasi data

Masyarakat lebih menyukai data berupa gambar dan grafik atau visual, dibandingkan yang disajikan dalam narasi tulisan saja. Jadi, belajarlah untuk melakukan visualisasi data dalam bentuk gambar, termasuk diagram dan grafik.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjelaskan traffic website. Saat kunjungan ke website mengalami peningkatan, kamu pun bisa menyusun datanya dan menuangkannya secara visual. Hal ini berguna ketika kamu harus memberikan laporan maupun presentasi kepada atasan, investor, maupun para pengunjung website.

Sekian artikel tentang skill yang wajib dipelajari seorang digital marketing. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing


Editor: Theo Adi -

     

Komentar